Halo gaes ketemu lagi sama ane… jangan bosen ya sama postingan ane kalo tentang manajemen manusia aja… kalo kemarin ane ngebahas tentang perencanaan usaha, seleksi sama rekrutmen untuk kali ini ane mau ngasih contoh nyata dari hal hal yang kemarin ane jelasin… yakni ane mau ngasi gambaran usaha dari bapak WARDI pendiri dari Fotocopy Setengah enam pagi alias SEP….

Yuks langsung saja…. ceck it out…

copy-centerOke. P. wardi merupakan salah satu dosen dari politeknik negeri jember. beliau adalah pendiri dari foto copy SEP atau setengah enam pagi. Foto copy setengah enam pagi pertama kali didirikan didaerah jember, tepatnya di jalan mastrip yang dikenal dengan foto copy SEP 1. Sesuai dengan namannya Foto copy SEP buka pada jam 5.30 WIB yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa dalam hal menggandakan dokumen pada pagi hari. anE rasa ya gan usaha ini menarik banget, bapak Wardi sangat bisa membaca peluang bisnis yang ada Karena tempat foto copy lain bukannya siang sekitar jam 8.an jadi menyulitkan mahasiswa yang ingin menggandakan dokumen dipagi hari. Biasannya mahasiswa mengerjakan tugas dimalam hari hingga larut malam sehingga harus memfoto copy tugas tersebut dipagi hari. Jadi mahasiswa perlu mencetak tugasnya setelah bangun tidur kayak aneee..hhehehehe 😀

Foto copy SEP ini merupakan salah satu usaha yang besar hal ini dapat dilihat dari banyaknya cabang yang telah dibuka. Foto copy SEP telah membuka 6 cabang di daerah jember, 3 cabang di daerah malang, 1 cabang di surabaya dan 1 cabang di Banyuwangi. Pendirian foto copy SEP memiliki sistem manajemen yang sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari posisi dari bagunan foto copy SEP yang sangat strategis. Seperti pada SEP 1 dijalan mastrip yang terletak dijalan mastrip yang merupan jalan strategis untuk dilalui oleh mahasiswa universitas jember dan politeknik negeri jember. lokasi SEP 3 yang terletak dijalan Jawa yang sangat dekat dengan gerbang keluar universitas jember dan fakultas ekonomi universitas jember.

Photocopies-Pic2Oh iya fotokopi SEP ini memiliki sistem manajemen yang berbeda-beda lo disetiap cabangnya. Jadi kebijakan antara SEP 1, SEP 2, SEP 3 dan seterusnya itu berbeda-beda. Namunn, ada juga manajemennya secara UMUM. Jadi ada kebijakan yang sama yang harus dilakukan setiap cabang dari SEP. Disamping kebijakan-kebijakan yang diterapkan oleh masing-masing cabang SEP dan hanya dilakukan oleh cabang tersebut.

Dalam melakukan pekerjaannya pegawai pengurus sep sangat ramah. Tapi sayang terkadang saat kita datang lebih awal tapi kita malah dilayani diakhir. Itu merupakan hal yang sangat menjenkelkan. Pasti agan-agan juga jengkel kalo kita nunggu lama-lama eh yang baru datang malah dilayani terlebih dahulu… kalo nggak gitu kadang dokumen kita pas dibuka dan mau di print ehhh datanya rusak jadi berantakan gitu tulisannya.. yaaaa mungkin itu hanya kesalahan teknis…. Tapi dari kesalahan-kesalahan itu setiap pengusaha seharusnya melakukan evaluasi untuk meningkatkan nilai pelayananan agar lebih baik dan pelanggan nya tidak kaburrrrr… kan kalau ndak seperti itu terus pelanggannya ndak mau balik lagi karena takut mengalami hal yang samaaa..hehehehh 😀

Oke sudah dulu yaaa semoga postingan ane bermanfaat.. ane mau ngucapin terimakaih kepada SEP 3 karena sudah memperkenan kan ane untuk tanya-tanya tentang SEP J…. oh iya agan jangan lupa tinggalkan jejak dipostingan ane yaaa melalu komentar-komentar dari agan-agan semua… J